Pembekalan Salam Kampus / OSPEK

PEMBEKALAN SALAM KAMPUS

Cerita dari saya, saya masuk di perguruan tinggi swasta. Sebelum masuk pasti daftar atau sering disebut registrasi. Saya melakukan dengan ketentuan, arahan petunjuk, dan tata cara pembayaran tahap pertama. Saya masuk di perguruan tinggi pada waktu gelombang dini. Jadi kesempatan untuk bulan depan agar dapat memulai pembelajaran masih cukup banyak.

— BAYOE.ID —

Salam Kampus

Saya menyarankan sebelum masuk tidak perlu bingung dalam hal mendaftar di perguruan tinggi dan bersifat santai saja. Tidak perlu bingung dan panik untuk tindakan yang dilakukan. Untuk itu saya cerita di sini dari pengalaman saya sebelum masuk masa ospek atau sering disebut pada perguruan tinggi yang saya daftarkan adalah salam kampus. Jika ditempat lain mungkin sebutan itu adalah MOS (Masa Orientasi Siswa), dan biasanya MOS dilakukan di Sekolah Menegah Pertama (SMP), Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) atau Sekolah Menegah Atas (SMA).

Saya masuk di kampus waktu itu untuk mendapatkan pembekalan. Saya biasa menggunakan pakaian rapi, sopan, membawa tas untuk hadir di kampus. Bertemu teman dengan rasa malu, “yah duduk-duduk di teras, nyantai sejenak”. Setelah itu saya di informasikan oleh panitia untuk melihat jadwal kelompok dan ruangan sebagai acara di selenggarakan. Kemudian setelah saya melihat, saya jalan mengikuti kegiatan atau alur. Saya di beri jas atau almamater dengan logo kampus sekolah tinggi. Kemudian saya lanjutkan masuk ke ruangan. Setelah itu duduk di bangku yang sudah di sediakan panitia. Banyak yang datang, “saya duduk, ya terserah”.

Pembekalan

Menginformasikan untuk tidak perlu yang di kawatirkan, walau sendiri nanti juga mendapat teman baru”. Kemudian di lakukanlah pembekalan untuk calon mahasiswa yang dibina oleh panitia dan pengarahan salam kampus. Waktu dan kegiatan dalam pembinaan dilakukan hanya setengah hari dari jam 09.00 sampai dengan jam 13.00, pagi hingga siang hari. Waktu pembinaan adalah pengenalan ketua panitia dan rekan-rekannya, adanya kemah atau kegiatan yang dilakukan di luar sekolah dan membutuhkan waktu untuk menginap di lokasi yang sudah di tentukan. Menginformasikan pembekalan alat yang akan di bawa ke esokan harinya, bertemu kelompok masing-masing sesuai informasi pertama kali dan bersama pembina kelompok yang sudah ditentukan. Setelah waktu siang hari, “yah pulang langsung gitu”.

Kegiatan Masa Salam Kampus

Setelah itu ada arahan untuk mengikuti pembekalan pada hari pertama. Sebenarnya saya tidak mengikuti salam kampus atau masa ospek hari pertama, karena saya telah bekerja. Kemudian saya mengikuti kegiatan salam kampus atau ospek pada hari kedua. Saya merasa senang karena mendapatkan informasi dari pembinaan oleh masasiswa BEM (Badan Exsekutif Mahasiswa) dalam kegiatan yang berlangsung dengan jelas.

Tidak perlu merasa takut dan tidak memerlukan hal-hal yang harus mengeluarkan tenaga atau tidak adanya hukuman. Cukup hanya hadir untuk tanda tangan sebagai presensi kehadiran dan mengikuti acara yang berlangsung. Saya tidak banyak melakukan aktifitas, Ada masa harus membawa peralatan untuk melaksanakan kegiatan, akan tetapi saya tidak membawa peralatan 2 item. Dari perintah untuk membawa peralatanpun tidak diberikan hukuman atau sanksi. Salam kampus atau ospek tersebut dilakukan dengan hati yang sangat menyenangkan dan sedikit melelahkan dari jalan-jalan untuk mencari pos yang di sediakan panitia BEM.

Permainan

Waktu yang menyenangkan adalah pada saat di jalan-jalan mengitari daerah kampus, di jalan terdapat permainan dan melakukan permainan offline di pos yang sudah di tentukan. Artinya ketika di pos yang sudah disediakan, maka harus dilalui dengan bermain. Permainannya adalah ketika sudah di pos, maka tiap kelompok akan melakukan tugas yang diberikan oleh penjaga pos. Permainan yang dilakukan seperti duel bukan berkelahi, tetapi adu ketangkasan ilmu dengan kelompok yang sudah hadir di pos pada waktu yang sama. Permainan lain seperti menemukan kata kunci untuk membuka kotak yang berisikan pemenang, dan menggabungkan puzzle yang sudah terpecah.

Jumlah pos yang di sediakan adalah 4 pos, yang tiap pos bernilai 25 poin jika menang, jika kalah tidak mendapatkan nilai atau nilai ampunan sebanyak 5 poin. Waktu bersama kelompok, kami hanya memenangkan sejumlah 3 pos. Kegiatan yang melelahkan adalah hanya menonton hiburan dengan duduk atau lesehan di halaman kampus. Waktu kegiatan telah selesai, maka dilanjutkan acara upacara penutupan kegiatan salam kampus dan pelantikan mahasiswa baru atau sering disebut istilah MaBa. Pada waktu itu saya merasa sangat senang, dengan suasana yang hening dan tegas pada waktu upacara penutupan salam salam bersama dosen, staff dan BEM. Setelah itu mahasiswa baru melakukan foto bersama. Dan saya tidak ikut, karena saya melihat lihat kesengan mereka atas kegiatan salam kampus yang telah berakhir. Kemudian saya pulang dengan senang.

Bonus

Perlu saya ceritakan sedikit tentang masa dalam suatu kelompok (yang beranggotakan 7 orang). Saya merasa senang dan suka terhadap seseorang (perempuan), akan tetapi dia berada di luar kelompok kami. Melihat pertama di saat pembinaan awal. Saya merasa sedih ketika melihatnya, ternyata seseorang tersebut sudah mempunyai gandengan laki-laki yang tinggi dan bersandar di depan gerbang kampus. Saya kemudian hanya melewatinya dan berkata kepadanya: “se mbak”, dan saya pergi dengan cepat. Dengan sedikit menegok kebelakang, waktu itu perasaan saya, “mungkin dia tidak suka dengan saya”. #salamkampus, #bayoe.id #gracep3

error: Content is protected !!